Home » » Administrasi Guru Otomatis

Administrasi Guru Otomatis

Utama administrasi guru

Administrasi guru merupakan sesuatu yang wajib dikerjakan oleh guru sebelum melaksanakan ketugasanya mengajar di dalam kelas. Disini akan kita sajikan sebuah form administrasi guru yang mudah-mudahan dapat membantu memudahkan guru dalam membuat administrasi. dimulai daan halaman depan silahkan diisi dengan data pokok sekolah.
Data pokok sekolah dimulai dari pengisian nama kepala sekolah, alamat, kabupaten, nama sekolah, NIP kepala sekolah, Nama wks kurikulum, NIP wks kurikulum atau bagi sekolah swasta bisa diisikan nomor induk guru dari yayasan. Data tersebut nantinya akan selalu dipergunakan pada setiap sheet berikutnya. Selain data umum dimasukkan data khusus identitas guru yang akan menggunakan aplikasi ini, dimulai dari nama guru pengampu, nomor induk guru, mata pelajaran disini dibuat tiga baris dengan tujuan bisa digunakan oleh guru yang mengajar labih dari satu mata pelajaran, dan mata pelajaran ini nanti akan muncul di sheet jadwal pelajaran. Sebelah kanan dari mata pelajaran diisikan jumlah jam dalam satu minggunya.
Data semester dipilih dengan cara klik pada kolom semester, disebelah kananya akan terlihat tanda drop down, klik tanda tersebut dan pilih semester berapa yang akan dibuat administrasinya. Pada pemilihan mata pelajaran, nama ketua jurusan kompetensi keahlian cara pengisianya sama dengan pemilihan semester.
Tanggal pengisian diisi tanggal pembuatan administrasi guru, biasanya dibuat sebelum hari pertama masuk sekolah. Untuk kelas diisi kelas berapa saja yang nantinya akan diampu.
Pada bagian bilah sebelah kanan ada beberapa link untuk menuju ke sheet yang diinginkan, diantaranya jadwal yang berisi jadwal guru dalam satu minggu, program tahunan yang merupakan program pembelajaran dalam satu tahun, program semester yang berisi penjabaran program tahunan dalam bentuk matrik per enam bulan, program kerja yang berisi program kerja guru dalam satu tahun, kkm yang berisi analisis nilai minimal yang harus dilalui oleh siswa, kalender pendidikan yang berisi tentang analisis mingu dan hari efektif, agenda mengajar atau jurnal kegiatan harian guru, absensi siswa, rekap absen siswa, form nilai UTS, form, nilai UAS/UKK, nilai harian untuk mengetahui nilai raport, rekap raport yang merupakan hasil laporan untuk wali kelas dalam pengisian raport, daya serap yang berisi analisis daya serap untuk nilai harian, nilai UTS, dan nilai UAS, Catatan pribadi siswa merupakan laporan kepada wali kelas tentang siswa yang bermasalah berdasar presensi kehadiran, pelaksanaan remidial berisi tentang rekapitulasi siswa yang harus melaksanakan remidial di akhir semester karena berisi tentang analisis di akhir semester. Untuk cara pengisian di sheet tunggu postingan berikutnya yaa..

Untuk download programnya silahkan klik disini

1 komentar:

ASEP ROFIK ILHAM said...

assalamualaikum. pak maaf kalau bisa minta pasword buat membuka unproteknya. saya mau belajar. terimakasih

Powered by Blogger.